Home » » Ki Hajar Dewantoro, Guru Bangsa, Pejuang Pendidikan

Ki Hajar Dewantoro, Guru Bangsa, Pejuang Pendidikan

Posted by Mr. Dihya
Mr. Dihya, Updated at: Mei 02, 2016

Posted by Mr. Dihya on 2 Mei 2016

Nama Ki Hajar Dewantara lekat dengan Hari Pendidikan Nasional berkat perjuangan dan karyanya demi mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Kini setiap tahun, tanggal lahirnya, 2 Mei, diperingati sebagai momentum kebangkitan pendidikan nasional.

Pahlawan asal Kota Yogyakarta itu memulai perjuangannya sejak penjajahan Belanda. Kiprah pergerakannya dalam pendidikan dimulai dengan membangun Perguruan Tamansiswa untuk memberikan hak pendidikan yang sama kepada rakyat pribumi. Kala itu, pendidikan hanya menjadi hak warga Belanda dan kaum bangsawan.

Pria berdarah bangsawan yang lahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat ini juga dikenal dengan semboyan Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Ketiga semboyan tersebut bermakna "Di depan, pendidik harus memberikan teladan dan contoh baik, di tengah guru harus menciptakan ide, dan di belakang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan."

Semasa hidupnya, Ki Hadjar Dewantara kenyang dengan pengasingan oleh Belanda. Pasalnya, dia sangat vokal dan keras memperjuangankan kemerdekaan pendidikan bagi rakyat Indonesia. Meskipun terlahir sebagai keturunan bangsawan, dia tidak melupakan rakyat sekitarnya yang tertindas.

Pengabdiannya pada dunia pendidikan di Indonesia, membuat Ki Hajar Dewantara sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, pertama dalam kabinet perdana Republik Indonesia. Salah satu ajarannya yang masih dikenang hingga kini adalah pesannya untuk para pemuda, "Setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru."

Share This Post :
 
Copyright © 2015 Mr. Dihya. All Rights Reserved Blogger
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design